Jumat, 20 September 2013

Lanjutan CHAPTER 2 "The Internet and World Wide Web"

Jadwal Kelas : Bekasi, Kamis 19 September 2013 07.30-09.10
Nama Dosen : Dicky Supriatna, S.KOM., MTI
Nama Mahasiswa : Dwita Insani (201370064)

    RANGKUMAN

    EVALUASI WEBSITE
    Website adalah produk teknologi informasi yang terbilang paling populer. Namun terkadang banyak website yang hadir tanpa kualitas yang bagus sehingga tidak dapat menyampaikan informasi dengan jelas. Informasi yang disajikan di Web harus dievaluasi untuk akurasi.

    Kriteria untuk mengevaluasi konten website :
    1. Afiliation : Informasi yang disampaikan harus jelas sehingga tidak menjadi informasi yang bias (salah penafsiran)
    2. Audience : Website harus ditulis pada tingkat yang sesuai. Apakah website tersebut untuk anak-anak, remaja, atau dewasa.
    3. Authority : Website harus memiliki kredensial yang sesuai.
    4. Content : Website harus terorganisasi dengan baik dan link harus bekerja.
    5. Currency : Informasi di halaman web harus akurat.
    6. Design : Halaman di website harus menyanangkan secara visual dan mudah dinavigasi.
    7. Objectivity : Website harus berisi iklan kecil dan bebas dari prasangka.

    MULTIMEDIA PADA WEB
    Multimedia mengacu pada aplikasi yang menggabungkan teks dengan :
    1. Grafis, adalah penyajian visual pada sebuah permukaan seperti dinding, kanvas, layar, komputer, kertas, atau batu ,bertujuan untuk memberi tanda, informasi, ilustrasi, atau hiburan. Sedangkan thumbnail adalah versi kecil dari grafis yang lebih besar. Contoh : foto, gambar, line art, grafik, diagram, tipografi, angka, simbol, peta, dll.
    2. Animasi, adalah munculnya gerakan yang dibuat dengan menampilkan serangkaian gambar diam secara berurutan.
    3. Audio, adalah sinyal elektrik yang digunakan untuk membawa unsur bunyi, termasuk musik, pidato, dan suara lain. Biasanya audio dikompres terlebih dahulu untuk memperkecil ukuran file.
    4. Video, adalah gambar bergerak yang diputar kembali pada berbagai kecepatan.
    5. Virtual Reality, adalah penggunaan komputer untuk mensimulasikan lingkungan nyata atau bayangan yang muncul di ruang 3 dimensi.
    6. Augmented Reality, adalah mensimulasikan objek digital muncul di lingkungan nyata.

    PENERBITAN WEB
    Penerbitan web memungkinkan anda untuk memberikan izin seseorang untuk membuat, mengedit, dan jadwal halaman di situs web.

    Ada 5 langkah untuk menerbitkan web, yaitu :
    1. Rencanakan web yang ingin dibuat.
    2. Analisa dan desain web dalam bentuk sketsa di selembar kertas.
    3. Jika sudah yakin, buat website.
    4. Sebarkan/publikasikan web.
    5. Jaga dan pelihara website dengan selalu memperbaharuinya.

    E-COMMERCE
    E-Commerce adalah jenis industri dimana pembelian dan penjualan produk atau jasa dilakukan melalui sistem elektronik seperti internet dan jaringan kmputer lainnya.

    Ada 3 tipe E-Commerce, yaitu :
    1. Business to Consumer (B2C), adalah sebuah bisnis yang terjadi ketika seorang pebisnis menjuan barang/jasa kepada masyarakat umum. Contoh : zalora.co.id , amazon.com, dll.
    2. Business to Business (B2B), adalah sebuah bisnis yang menjual barang/jasa ke pebisnis lain yang mempunyai industri atau perusahaan besar yang legal. Contoh : menjual bahan kimia, menjual sparepart pesawat, dll.
    3. Consumer to Consumer (C2C), adalah sebuah bisnis yang terjadi ketika satu pelanggan menjual langsung ke yang lain, seperti dalam sebuah lelang online. Contoh : ebay.com

    LAYANAN INTERNET LAIN
    1. E-mail, adalah pengiriman pesan dan file melalui jaringan komputer. Program e-mail memungkinkan anda untuk membuat, mengirim, menerima, memforward, menyimpan, mencetak, dan menghapus pesan email.
    2. Mailing List, adalah grup diskusi di internet dimana setiap orang dapat berlangganan dan ikut serta di dalamnya. Anggota dari mailing list dapat membaca surat dari orang lain dan kemudian mengirimkan balasannya. Secara sederhana, mailing list adalah sebuah daftar alamat surat elektronik yang mempunyai kesukaan/kepentingan yang sama.
    3. Instant Messaging, adalah teknologi internet yang memungkinkan para pengguna dalam jaringan internet untuk mengirimkan pesan-pesan singkat secara langsung pada saat yang bersamaan (real time).
    4. Chat, adalah layanan percakapan online yang biasa digunakan pengguna internet untuk berbicara dengan pengguna lain. Sedangkan lokasi pada server internet yang memungkinkan pengguna untuk chatting satu sama lain disebut chat room.
    5. VOIP (Voice Over Internet Protocol), memungkinkan pengguna untuk berbicara dengan pengguna lain melalui internet (biasa disebut telepon internet). Contoh : Skype
    6. FTP (File Transfer Protocol), adalah izin meng-upload dan men-download file. Contoh : 4shared
    7. Newsgroup, adalah daerah online dimana pengguna telah menulis diskusi tentang topik tertentu (biasanya membutuhkan pembawa berita). Contoh : kaskus
    8. Netiquette, adalah Etika dalam menggunakan internet. Internet sebagai sebuah kumpulan komunitas, diperlukan aturan yang akan menjadi acuan orang-orang sebagai pengguna internet, dimana aturan ini menyangkut batasan dan cara yang terbaik dalam memanfaatkan fasilitas internet.
    Beberapa aturan netiquette : 
    • Amankan komputer dengan memasang anti virus atau personal firewall.
    • Jangan terlalu mudah percaya dengan internet, sehingga anda dengan mudah mengunggah data pribadi anda.
    • Jangan biasakan menggunakan informasi sembarangan, misalnya plagiat.
    • Jangan pernah menggunakan kata-kata sarkasme.
    • Jangan menggunakan huruf kapital terlalu banyak, karena menyerupai kegiatan teriak-teriak pada komunitas sesungguhnya.
    • Jangan berusaha mengganggu privasi orang lain.
    • Baca dahulu FAQ (Frequently Asked Question) sebelum mulai bertanya.


    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar